Home Product Pilgrim Tour Ziarah ke Tanah Perjanjian

Ziarah ke Tanah Perjanjian

Article Index
Ziarah ke Tanah Perjanjian
itinerary 2
Sejarah Tanah Perjanjian
Next

Informasi Wisata Ziarah Tanah Perjanjian

Gereja Sampah. Salah satu gereja yang unik adalah "gereja sampah". Disebut demikian karena gereja itu terletak di bukit Mokatam. Sejak tahun 1969, gubernur Kairo memindahkan semua pemulung di Kairo ke bukit itu untuk tinggal disana. tahun 1987 jumlahnya ada 15.000 orang. Sekarang sudah dua kali lipat. Dibalik bukit itulah terletak kompleks gereja ini, sehingga untuk mencapainya kita harus berjalan melalui desa pemulung. Sebenarnya kompleks gunung batu yang indah ini merupakan kompleks biara dengan tujuh gereja atau kapel. Pada mulanya dibangun untuk mengenang Santo Simon si penyamak kulit yang hidup di akhir abad ke -10. Menurut kisah kaum Koptik, pada bulan November 979M, Kalifah Al Muis yang berkuasa ketika itu mengundang berbagai pemimpin agama yahudi bernama Jacob Ibn Killis. dalam diskusi itu, ibn Killis mengutip Mat: 17:20 'Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada gunung ini: "Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu". Ia meminta Paus membuktikan kebenaran ayat itu. Kalifah juga mendukung ide ini. jika orang kristen Koptik tidak mampu, itu artinya ajaran Alkitab tidak benar. demikianlah setelah berpuasa 3 hari, Simon diutus untuk memindahkan gunung /bukit Mokatam, dengan dukungan doa seluruh umat Koptik mesir. Menurut kisahnya, saat itu gempa bumi besar melanda gunung itu. "Tiap kali umat berdiri untuk berdoa, gunung itu bergerak ke atas, dan tiap kali mereka duduk, gunung itu bergerak ke bawah. Hal ini terjadi tiga kali. "Setelah kejadian itu, Simon tidak pernah muncul lagi. Jasadnya baru ditemukan tahun 1991 di gereja gantung.

Mesir telah dikenal sebagi pusat peradaban dunia tertua yang penduduknya menyembah dewa-dewi. Sejak 300tahun lalu mereka telah membangun piramid-piramid di Giza yang memerlukan teknologi tinggi. piramid itu adalah makam firaun. Orang mesir kuno percaya bahwa setelah mati, jiwa seseorang terpisah dari tubuh dari tubuh namun masih memerlukan sisa-sisa tubuh atau patung pengganti untuk dijadikan tempat tinggalnya. Untuk tempat penguburannya dibangunlah piramid. ada sekita 100 piramid ditemukan di mesir. Piramid Giza adalah yang terbesar. di kompleks itu juga ada patung raksasa berbentuk singa berkepala manusia yang disebut Sphinx. fungsinya sebagai penjaga kuil/makam.

Peristiwa Alkitab yang terjadi di Mesir

Lahirnya Musa. masuknya Orang israel ke mesir berawal dari diangkatnya Yusuf sebagai tangan kanan Firaun. Yusuf membawa orangtuanya Yakub dan saudar-saudaranya ke Mesir. Merekapun lalu beranak-pinak sampai muncul satu angkatan baru dengan seorang raja Firaun yang tidak lagi mengenal Yusuf (Kel1). Sang Raja kuatir melihat populasi penduduk Israel makin banyak, maka ia berusaha menindas mereka dengan kerja paksa ( Kel 1:11-14) dan memerintahkan pembunuhan terhadap tiap bayi lelaki yang lahir (1:15-22). dalam suasana politik inilah Musa lahir. Ibunya menyembunyikan dia selama 3 bulan, namun kemudian terpaksa melepas Musa di sungai Nil, di dalam sebuah peti pandan (Kel2). Putri Firaun yang sedang mandi melihatnya dan tergerak hatinya untuk mengangkat Musa menjadi anaknya.

Orang percaya bahwa lokasi sinagoge Ben Ezra, Kairo merupakan tempat dimana bayi Musa diambil dari dalam peti Pandan. (Sinagoge (rumah ibadat orang yahudi) ini mulanya adalah sebuah gereja Koptik. Di sebelah sinagoge ini berdiri gereja gantung (The Hanging Church). Inilah gereja tertua di mesir, yang dibangun pada abad ketiga. disebut gereja gantung karena ia dibangun di atas kompleks bangunan benteng romawi (Babylon Fortress).

Lokasi Sumur Yitro, St Catherine dipercaya sebagai tempat Musa melihat para gembala mengusir tujuh anak perempuan yang sedang mengisi air. Musa menolong para perempuan itu. Salah satunya bernama Zipora, akhirnya menjadi istrinya.

Biara St Catherine, berada di kaki Gunung Sinai dipercaya sebagai tempat Musa menerima panggilan Tuhan. Tuhan  memanggil Musa untuk naik ke atas Gunung Sinai dan ketetapan lainya yang dicata Musa dan disampaikan kepada umat .  Puncaknya, Tuhan sendiri ingin memberikan loh batu berisi hukum-hukumNYA. Musa diminta naik dan tiggal disana selama 40 hari40 malamsebelum memperoleh loh batu. Puncaknya disana juga terdapa tanaman semak-belukar yang dipercaya merupakan jenis tanaman yang sama seperti yang dilihat Musa.

Mara, Bangsa Israel terus berjalan menuju Mara. mereka mulai memasuki wilayah padang gurun yang panas dan gersang. disitu mereka bersungut-sungut karena kekurangan air. Musa lalu melemparkan tongkatnya ke dalam air, lalu air itu menjadi manis (Kel 15:22-26).

Elim, disini orang Israel berkemah, dimana disana ada 12 mata air dan 70 pohon korma (Kel 15:27).

Padang gurun Sin, disinilah pertama kalinya Tuhan mengirimkan manna untuk menjadi makanan orang Israel. Hal ini pun terjadi untuk menjawab sungut-sungut orang Israel yang masih berlanjut (kel 16). Rafidim, ketika sampai disini, kembali orang Israel bersungut-sungut karena kekurangan air. Disini sekali lagi musa dipimpin Allah untuk menyediakan air dengan memukul gunung batu disana dengan tongkatnya. Tempat itu diberi nama masa dan meriba. Mara elim 7 rafidim terletak di daerah yang disebut lembah/wadi Feiran.

Gunung Sinai, Sampai disini umat Tuhan sudah 3 bulan lamanya melakukan perjalanan. Tuhan memanggil Musa untuk naik ke atas gunung Sinai dan menerima ke-10 perintah Tuhan (Kel 19-20) .

Padang Gurun Timur, Ketika tiba disini, orang israel berusaha menghindari konflik dengan orang edom dan moab (bil 20:14-21; Bil 22-24). Sekarang ini, wilayah padang gurun timur termasuk dalam wilayah yordania. di daerah ini juga terletak Petra, kota yang dibangun dengan mengukir batu cadas menjadi bangunan megah.

Sungai Yordan, inilah akhir perjalanan mereka menyeberangi sungai yordan dari arah timur (sekarang wilayah yordania). Sekali lagi mujizat terjadi, dimana mereka bisa berjalan diatas tanah kering di sungai itu 9Yos3). Setelah di tanah perjanjian dibuatlah 12 tugu peringatan (Yos4) dan orang israel mengadakan paskah pertama di gilgal 9yos50 dan diadakan ritual sunat sebagai tanda ikatan perjanjian dengan tuhan (sekarang digantikan dengan ritual pembaptisan). Yerikho, ketika tiba di tanah perjanjian, orang Israel berhasil mengusir penduduk asli yang tinggal di yerikho (Yos 6). ini menandai didirikannya sebuah negara baru: Israel. kota yerikho juga disebut berulang kali di jaman Yesus.

Bethlehem, di kota ini dikenal sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus.  Kita dapat menjumpai gereja kelahiran (Church of Natifity) yang didirikan oleh Helena, Ibu raja Romawi Konstantin yang menjadi Kristen.

Nazareth, Kota dimana Yusuf dan Maria tinggal dan menjadi rumah tempat Yesus menghabiskan 30 tahun hidupNya. Itu sebabnya disebut Yesus dari Nazaret.

Tiberias, terletak di tepi barat danau Galilea.  Dibangun oleh Herodes Antipas. Kota ini menjadi pusat spiritual Orang-